Mengenal Tentang Jenis Jenis Plastik yang Sering Dijumpai

Hampir setiap hari kita tidak lepas dari kegiatan yang menggunakan wadah plastik untuk berbagai kebutuhan. Namun, tahukah anda jika plastik memiliki beragam jenis dan ada pula bahaya yang bisa di timbulkan dari penggunaannya? Plastik merupakan salah satu jenis sampah yang sulit terurai di karenakan membutuhkan waktu puluhan bahkan hingga ribuan tahun lamanya.



Namun, pernahkah anda memperhatikan logo yang ada pada barang berbahan plastik? Logo ini di gunakan sebagai identitas bahan yang di pakai untuk pembuatan plastik. Jenis plastik tersebut nantinya akan mempermudah pengguna dalam memilih mana yang sesuai untuk kebutuhan dan apakah bahan tersebut bisa di daur ulang ataukah tidak.


Berbagai Jenis Plastik yang Sering Dijumpai


Tahukah anda bahwa terdapat beberapa jenis plastik di luaran sana yang di kelompokan ke dalam 7 jenis sebagai berikut.


1. Polyethlene Terephthalate (PET)


PET biasanya terdapat di kemasan botol minuman ringan, wadah toples selai atau untuk makanan cepat saji. Tipe plastik ini juga dapat di gunakan untuk makanan yang bisa di hangatkan menggunakan oven maupun microwave. Secara umum tipe PET merupakan jenis bahan plastik yang aman bagi manusia.


2. High Density Polyethylene (HDPE)


HDPE biasanya di gunakan untuk tempat kosmetik maupun bahan pembersih rumah tangga dan merupakan plastik dengan tingkat bahaya yang rendah. Bahan kimia yang mempunyai estrogenik aktif (EA) di duga dapat menyebabkan risiko terhadap masalah kesehatan, terutama pada janin dan anak anak. Paparan EA dapat mengubah struktur sel manusia, di mana ini dapat terjadi jika plastik terkena air mendidih, paparan sinar matahari (UV), serta pemanasan microwave.


3. Polyvinyl Chloride (PVC)


Bahan plastik Polyvinyl Chloride (PVC) ini biasanya di pakai untuk produksi kemasan wadah obat-obatan dan merupakan plastik yang cukup berbahaya.


4. Low Density Polyethylene (LDPE)


Jenis plastik LDPE dapat di temukan sebagai pembungkus roti, makanan beku, pelapis kertas kotak susu, hingga cup yang di pakai pada minuman dingin ataupun panas. LDPE juga biasa di manfaatkan untuk bahan pembuat wadah penutup. Misalnya saja mainan dan botol yang dapat di pencet seperti untuk madu dan juga saus mustard. LDPE ini adalah bahan plastik dengan tingkat bahaya yang rendah.


5. Polypropylene (PP)


Polypropylene (PP) biasanya terdapat pada wadah yogurt, margarin, serta bungkus makanan siap saji lainnya. Penggunaannya juga di temukan pada botol obat obatan, tutup botol, serta botol saus tomat dan sirup. PP ini menjadi bahan jenis plastik yang aman di gunakan.


6. Polystyrene (PS)


Polystrene di sebut juga styrofoam yang umum di temukan pada penggunaan wadah makanan seperti cup, piring, serta mangkuk. Meski pun sangat rendah, styrene ternyata juga di ketahui sebagai penyebab tumor paru-paru yang di lakukan dalam sebuah percobaan pada seekor tikus.


7. Plastik 7 (Other) / O (Other plastics)


Jenis plastik terakhir mungkin pernah anda jumpai dengan simbol anak panah segitiga dan angka 7 serta terdapat tulisan OTHER atau O pada bagian bawah. Simbol ini menjadi tanda bahwa jenis plastik tersebut tidak termasuk ke dalam 6 kategori sebelumnya, sehingga di sebut sebagai other plastics.


Penggunaan plastik sebenarnya sangat berbahaya, lantaran dapat melepaskan zat zat beracun seperti Bisphenol-A (BPA) di mana dampaknya mampu merusak organ dan juga hormon tubuh. Plastik tipe ini termasuk dalam jenis polycarbonate yang terkandung bahan kimia bisphenol A (BPA) di dalamnya.


Nah, itulah tadi informasi tentang jenis jenis plastik beserta simbolnya yang perlu anda ketahui. Sehingga nantinya anda bisa mempergunakan jenis yang tepat demi kesehatan dan lingkungan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel