Berikut Peran Dokter Spesialis Ortopedi dan traumatologi

Pada lansia saat ini sering mengalami atau ada keluhan di bagian lutut. Perasaan nyeri seiring bertambahnya usia lutut mungkin di sebabkan oleh osteoarthritis, bentuk arthritis yang paling umum. Ini terjadi ketika bantalan alami antara sendi, yang di kenal sebagai tulang rawan, hilang. Setelah itu ada gesekan konstan antara permukaan yang terbuka, menyebabkan rasa sakit, kaku dan bengkak. Tanpa sifat tulang rawan yang menyerap goncangan, persendian juga lebih mungkin mengalami trauma akibat pukulan fisik dan aktivitas berlebihan. Jika tidak di obati, osteoarthritis dapat menyebabkan kerusakan tulang, kelainan bentuk dan bahkan kecacatan.

Dokter Spesialis Ortopedi dan Traumatologi atau di kenal juga dengan sebutan dokter ortopedi, spesialis tulang, dan ahli bedah ortopedi, memiliki fokus pada perawatan sistem muskuloskeletal.

Berikut Peran Dokter Spesialis Ortopedi dan traumatologi

Peran Dokter Spesialis Ortopedi dan Traumatologi

Peran dokter spesialis ortopedi adalah mendiagnosis dan mengobati cedera akibat olahraga atau aktivitas fisik pada pasien dari segala usia, baik bayi, dewasa, maupun lansia (lansia).

Ahli ortopedi juga akan membantu pasien menghindari cedera berlebihan yang menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan akibat penggunaan otot atau persendian yang berlebihan.

Artinya selain membantu perbaikan saat mengalami cedera, dokter spesialis ortopedi juga bisa di andalkan untuk memberikan konsultasi dan pengobatan agar aktivitas sehari-hari yang di lakukan Sahabat MIKA lebih maksimal.

Selain itu, ahli ortopedi akan membantu dalam pengobatan penyakit lain yang menyerang muskuloskeletal, seperti:

  • Skoliosis atau kelainan atau kelengkungan tulang belakang.
  • Infeksi tulang dan tulang belakang.
  • Tumor dan kanker yang menyerang tulang
  • Kaki di abetik atau penyakit luka kaki yang di sebabkan oleh d iabetes melitus.
  • Perawatan traumatologi bagi pasien yang mengalami luka akibat kekerasan atau kecelakaan.

Adapun berikut jenis subspesialis Ortopedik

Di Indonesia terdapat 9 subspesialis ortopedi, seperti di lansir Sekolah Tinggi Ortopedi dan Traumatologi Indonesia, yaitu:

  • Ortopedic Spine

Subspesialisasi tulang belakang berfokus pada penyakit dan masalah yang berkaitan dengan tulang belakang dan area di sekitarnya. Data dari Global Burden of Di sease menyatakan bahwa nyeri punggung bawah merupakan penyebab utama kecacatan di dunia.

Spesialis tulang belakang ortopedi juga di kenal sebagai ahli bedah tulang belakang. Mereka memiliki keahlian untuk mendeteksi dan mengobati kondisi yang mempengaruhi atau berasal dari tulang belakang, baik melalui pembedahan atau sebaliknya.

  • Pinggul dan Lutut

Dokter ortopedi pinggul dan lutut mengkhususkan diri dalam diagnosis dan perawatan kondisi pinggul dan lutut, termasuk perawatan bedah sendi.Konsultan Pinggul dan Lutut memiliki kemampuan untuk melakukan Total Hip Replacement (THR), Total Knee Replacement (TKR) dan sebagainya.

  • Tangan Bagian Atas & Bedah Mikro

Lalu ada ahli ortopedi di tangan bagian atas dan bedah mikro. Konsultan Hand & Microsurgery dapat melakukan konsultasi, pembedahan, dan rehabilitasi bagi pasien cedera di area tangan, mulai dari jari tangan, telapak tangan, pergelangan tangan, siku, hingga bahu.

Subspesialis ortopedi ini juga memiliki keahlian di bidang bedah mikro, yaitu suatu metode bedah mikro yang di lakukan untuk menyambung kembali (merekonstruksi) komponen kecil yang rusak secara mendetail agar dapat berfungsi normal kembali.

Nah, itulah ulasan tentang peran dokter spesialis ortopedi dan traumatologi semoga bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel