Cara Mengatur Keuangan Keluarga dengan Gaji 3 Juta

Mengatur keuangan keluarga pada dasarnya cukup menantang, apalagi jika pendapatan tidak terlalu besar. Tentunya diperlukan pencatatan keuangan yang lebih teliti dan sistematis. Nah, terkait hal tersebut ada banyak orang yang bertanya bagaimana cara mengatur keuangan keluarga dengan gaji yang pas-pasan?

Walaupun gajimu 3 juta misalnya, dengan pencatatan dan aplikasi keuangan  yang tepat, kamu tetap bisa memiliki iklim keuangan yang lebih sehat. Kamu pun bisa tetap memenuhi kebutuhan sambil menabung untuk kondisi darurat. Jadi, yuk kita simak bagaimana cara mengatur keuangan keluarga dengan gaji 3 juta.

Mengatur Keuangan dengan Gaji 3 Juta

Berikut ini adalah beberapa tip pengelolaan keuangan dengan gaji 3 juta. Beberapa cara ini bisa kamu lakukan dengan mudah dalam genggaman.

Pengelolaan Kantong Keuangan

Ketika baru gajian, terkadang timbul rasa ingin untuk berfoya-foya. Tidak ada salahnya memberikan self-reward terhadap diri sendiri. Namun, tentunya kamu harus paham kebutuhanmu. Jangan sampai keinginan untuk memberikan self-reward  justru malah membuatmu lupa terhadap kebutuhan penting.

Jika kamu kerap tergoda untuk membeli barang-barang yang kurang bermanfaat, kamu bisa menggunakan sistem kantong keuangan. Sistem ini mengharuskan kamu untuk memisahkan pemasukan kamu dalam pos-pos kebutuhan tertentu. Misalnya pos untuk kebutuhan anak untuk menabung pos untuk kebutuhan makan dan lain sebagainya.

Aplikasi Bank jago mempermudah kamu untuk melakukan pemisahan pos-pos keuangan secara otomatis. Kamu bisa memisahkan uang yang ada di rekening kamu sesuai dengan kebutuhan yang kamu perlukan. Jadi, pengeluaranmu pun bisa lebih terkontrol.

Mensubstitusi Kebutuhan

Harga barang dan jasa tentunya variatif. Ada yang mahal dan ada yang murah. Nah, apabila gajimu tidak terlalu besar, kamu bisa mensubstitusi kebutuhanmu dengan harga barang atau jasa yang paling terjangkau.

Hal yang paling sering menjebak adalah makanan. Banyak orang yang mengikuti kehidupan yang boros hanya karena mereka suka membeli makanan yang mahal atau nongkrong di cafe.

Alih-alih mengikuti tren masa kini, kamu bisa mengontrol keinginanmu sendiri dan mensubstitusi kebutuhan atau keinginanmu dengan harga yang lebih murah. Contohnya, ketimbang harus nongkrong di cafe dan membeli kopi dengan harga Rp40.000,00, kamu bisa membuat kopi sendiri dengan membelinya di minimarket terdekat.

Membayar Kebutuhan yang Terdesak Terlebih Dahulu

Ada banyak kebutuhan mendasar yang urgent alias harus dipenuhi terlebih dahulu. Contohnya, seperti pembayaran listrik  pulsa, dan sebagainya.

Terkadang, akses yang terbatas membuat orang-orang menunda untuk memenuhi kebutuhan mendesak ini. Pada akhirnya, ketika mereka memiliki kesempatan untuk melakukannya, uang mereka sudah telanjur habis.

Jangan sampai hal itu terjadi di kamu. Mamu bisa membayar kebutuhan yang terdesak terlebih dahulu, secepatnya.

Bagaimana cara melakukannya? Kamu tidak perlu khawatir. Sekarang kamu bisa menggunakan Bank Jago untuk membayar kebutuhan mendesak seperti misalnya tagihan PLN dan pulsa. Dengan Bank Jago, kamu bisa membayar tagihan-tagihan tersebut hanya dengan sekali klik.

Membuat Target

Walaupun gaji pas-pasan bukan berarti kamu tidak bisa menabung. Setelah mengatur keuangan dan membuat pos-pos dari aplikasi keuangan Bank Jago, kamu juga bisa membuat target keuangan.

Bank Jago memiliki fitur target di mana kamu bisa menabung secara berjangka dengan target nominal tertentu dan dalam kurun waktu tertentu. Fitur ini mempermudah kamu untuk bisa menabung sesuai dengan keinginanmu dan mengontrol keuangan.

Sekarang kamu bisa download aplikasi Bank Jago melalui Play Store atau App Store. Bank Jago adalah aplikasi perbankan masa kini yang dapat mempermudah hidup kamu. Apalagi, Bank Jago juga bekerja sama dengan GoJek sehingga pembayaran atau aktivitas yang kamu lakukan melalui GoJek terintegrasi dengan Bank Jago. Kamu juga bisa daftar Bank Jago melalui aplikasi Gojek dan tidak perlu bingung lagi pada saat harus melakukan top-up untuk mengisi saldo GoPay-mu. Tanpa top up, Kamu bisa langsung transaksi di Gojek pakai bank Jago

Bank Jago adalah aplikasi pencatatan keuangan masa depan dan perbankan yang memberi kamu berbagai macam keuntungan. Untuk membuka rekening di Bank Jago, kamu tidak perlu datang ke mana-mana. Kamu bisa melakukannya secara daring setelah mengunduh aplikasinya. Selain itu, Bank Jago juga memberikan bunga 7 % p.a. dihitung harian dan juga bebas biaya admin

Untuk kamu yang siap menyongsong masa depan yang cerah, Bang Jago adalah aplikasi masa depan yang layak untuk kamu miliki. Yuk, install sekarang juga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel